MGV9LWp9MaF5LGJaNqZdNGp6MDcsynIkynwbzD1c
BLANTERLANDINGv101
5148947589432001975

Cara Sablon Kaos Polos dengan Teknik Manual

Rabu, 26 Desember 2018
cara sablon kaos polos manual

Biasanya kaos memiliki beragam motif dan gambar yang menarik sehingga terlihat keren ketika dipakai. Gambar atau motif tersebut dibuat menggunakan teknik sablon. Sedikit penjelasan, sablon merupakan teknik mencetak suatu gambar di berbagi benda seperti kertas, meja, spidol dan juga kaos.




Sablon terbagi menjadi 2 macam yaitu sablon digital dan manual. Untuk sablon digital menggunakan mesin khusus untuk mencetak gambar. Sedangkan sablon manual menggunakan peralatan khusus seperti screen (berbentuk bingkai) yang sudah diafdruk dengan motif atau gambar yang akan disablon, rakel, lakban, kain perca dan juga tinta khusus sablon.

Namun, untuk sablon digital cukup menguras biaya karena harga mesinnya lumayan mahal. Sedangkan sablon manual sangat hemat biaya dan bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah, Anda pun juga bisa melakukannya.

Berikut ini cara sablon kaos polos sendiri dengan teknik manual :

Tahap pertama, persiapkan kaos polos yang akan disablon. Masukan alas berupa triplek ke bagian dalam kaos yang permukaannya akan disablon.Tujuannya agar kaos tidak goyang ketika disablon dan tinta sablon tidak merembes ke bagian dalam kaos.

Letakan screen yang sudah di atas permukaan kaos. Jika warna yang digunakan lebih dari satu, maka Anda bisa menutup bagian screen lainnya menggunakan plastik dan selotip.

Pastikan posisi screen sudah sesuai sehingga ketika disablon hasilnya tidak miring

Tuangkan tinta dibagian atas screen, lalu tarik tinta tersebut menggunkaan rakel dengan sedikit ditekan.

Jika Anda hanya menggunakan satu warna saja maka proses menyablonnya selesai. Tapi jika Anda menggunakan banyak warna, maka bersihkan dahulu sisa tinta pada screen lalu buka bagian yang diselotip sebelumnya. Tuangkan warna tinta lainnya kemudian tarik lagi dengan rakel dengan sedikit ditekan.

Lakukan cara yang sama untuk menyablon warna lainnya sampai wrna pada gambar atau motif yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Proses Pengeringan

Setelah disablon, selanjutnya kaos dikeringkan menggunakan kipas, blower, hair dryer atau bisa juga memanfaatkan sinar matahari. Pastikan posisi kaos tidak miring ketika disablon.

Graha Konveksindo sebagai konveksi Surabaya terpercaya menyediakan layanan sablon kaos dengan berabagai macam motif untuk perusahaan, club dan juga komunitas. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami :


OFFICE
Jl. Ngagel Tama, No. 78
Surabaya - Jawa Timur

Telp / SMS / WA
081 333 6489 63  

Email Order
sales.grahakonveksi@gmail.com

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang
×
Whatsapp