Memperhatikan Resiko Kecelakaan Kerja dalam Menjahit




Konveksi Surabaya - Semua bidang pekerjaan tentu harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama bekerja, terutama dalam industri pakaian (konveksi, jasa penjahit, makloon, dll).

Dengan begitu, setiap manusia yang berperan dalam proses suatu industri baik itu karyawan ataupun pemilik usaha akan terhindar dari kecelakaan kerja.

Berikut ini beberapa resiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi dalam bidang menjahit :

Jarum Menusuk Tangan
Hampir semua penjahit pernah mengalami hal ini, apalagi buat mereka yang baru terjun ke dunia menjahit.

Ada beberapa penyebabnya diantaranya adalah pandangan tidak jelas, hilangnya konsentrasi, tangan dan kaki kesemutan, dan lainnya.

Bagaimana penanganannya jika sudah tertusuk jarum ?

Tahap pertama, bersihkan darah terlebih dahulu menggunakan tisu atau kapas bersih kemudian siram dengan air agar terhindar dari kuman yang dapat menimbulkan infeksi.

Oleskan obat merah atau obat pengering luka lainnya, tutup luka dengan plester atau kain kasa.
Namun, jika zona tusukan sudah sangat dalam sebaiknya segera periksa ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Kaki Terinjak Benda Tajam
Ketika proses menjahit berlangsung biasanya banyak benda tajam yang digunakan seperti gunting, pinset, peniti, jarum dan lainnya. Nah, jika benda tajam tersebut berserakan sembarangan dapat terinjak oleh kaki.

Maka dari itu, biasakan untuk meletakkan setiap benda yang sudah digunakan pada tempatnya sehingga tidak ada terjatuh ke lantai dan kaki pun tetap aman.

Tapi, jika kaki Anda sudah terlanjur menginjak benda tajam maka segera obati dengan membersihkan luka dan menutupnya dengan kain perban atau plester. Jika lukanya besar atau robek, lakukan penanganan dengan memberikan obat luka terlebih dahulu kemudian langsung di bawa ke rumah sakit.

Tersetrum Listrik
Jika Anda menggunakan mesin jahit listrik, maka resiko terseterum mengintai Anda. Beberapa penyebabnya yaitu tidak menggunakan sandal atau alas kaki yang terbuat dari karet, konsleting listrik, kontak listrik kena cipratan air.

Solusi terbaik untuk menghindari kejadian ini adalah dengan menggunakan alas kaki dari karet, pastikan ketika Anda minum atau membawa air tidak terlalu dekat dengan kontak listrik dan selalu lakukan pemeriksaan kabel listrik secara ruitn.

Bagaimana jika ada yang tersetrum

Segera matikan arus listrik melalui MCB, pukul tangan yang memegang kabel dengan sandal karet sampai terlepas, segera bawa ke Rumah Sakit.

Perhatikan faktor keselamatan dan keamanan dalam bekerja agar pekerjaan terasa lebih nyaman.  Resiko ini bukan hanya terjadi pada industri seperti konveksi pakaian dan makloon saja, tapi juga bisa terjadi pada ibu rumah tangga yang gemar menjahit.

Jangan anggap sepele masalah ini, karena resikonya bukan hanya terluka tapi juga bisa menghilangkan nyawa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar